Catatan Karya Tulis....................

10 September 2009

Zulkifli NUrdin Berjanji Lagi, Jembatan Batanghari II Selesai Oktober 2009


KOTAJAMBI – Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin kembali berjanji penyelesaian Jembatan Batanghari II bulan oktober 2009 mendatang. Janji ini sudah yang kebeberapa kali diucapkan Gubernur Jambi sejak dimulai pembangunan jembatan ini tahun 2003 lalu.“Keseluruhan jembatan akan selesai 9 September 2009. Secara resmi pengoperasiannya diperkirakan awal Oktober 2009,” kata Zulkifli Nurdin didampingi Nino Guritno disela-sela kunjungannya ke lokasi jembatan itu, Selasa (1/9).

Janji Zulkifli Nurdin ini tidak diyakini oleh masyarakat, salah satunya Rozali, warga Warga Mudung Darat, Kecamatan Marosebo Kabupaten Muaro Jambi. " Saya tidak yakin jembatan itu akan selesai pada bulan Oktober, karena beberapa pekerjaan masih belum selesai, seperti badan jembatan belum tersambung secara utuh, beberapa titik jalan belum di cor beton, trotoar sisi kiri dan kanan jalan belum terpasang, lampu dan sarana pelengkap lainnya belum terpasang pada tempatnya.' ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Zulkifli Nurdin langsung membantah, sampai saat ini seluruh kontruksi jembatanan itu sudah rampung dibangun. Hanya saja masih terdapat sejumlah sarana jalan yang mesti dilengkapi sehingga dapat dilalui kendaraan. Secara resmi, jembatan itu akan dioperasikan awal oktober 2009. Untuk pengerjaan kelengkapan sarana jalan bakal selesai 9 September 2009.

Jembatan itu dibangun sepanjang 1.351 untuk menghubungkan Kota Jambi dengan Kabupaten Muaro Jambi dan mempermudah akses menuju dermaga Internasional Muara Sabak di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pembangunan jembatan dimulai tahun 2003 dan dipercayakan kepada kontraktor pelaksana yakni PT Hutama Karya dan PT Agrabudi Kartamarga dengan jangka waktu pelaksanaan selama 769 hari kalender kerja (17 Juli 2003 – 14 Agustus 2005). Namun anggaran itu direvisi sesuai realisasi pekerjaan yang dituangkan dalam amandemen No. 04 tanggal 26 September 2005 menjadi Rp 73.397.724.973. Karena tak kunjung selesai hingga 2009 dan harga material menaik, maka biaya pembangunan membengkak menjadi Rp 161 milyar. (infojambi.com/TOT)

0 Komentar:

Posting Komentar

ya

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda