Catatan Karya Tulis....................

11 Oktober 2009

Gara-gara Cabe Naik, Gubernur Panggil Instansi Terkait


KOTAJAMBI – Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin panggil Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Propinsi Jambi, Hasan Basri, SE dan instansi terkait lainnya gara-gara harga cabe naik tajam di sejumlah pasar tradisional, Rabu (16/9),”Saya dipanggil gubernur gara-gara cabe naik di sejumlah pasar tradisional di Kota Jambi,” aku Hasan Basri, Rabu (16/9).

Gubernur meminta dinas terakit agar melakukan upaya antisipasi, salah satunya dengan memperlancar arus masuk cabe dari daerah produsen seperti Kabupaten Kerinci, Propinsi Bengkulu dan Sumatera Barat. “ kalau memang terhambat dalam pengiriman, harus cepat diatasi," ujarnya. Untuk melihat kondisi di pasaran, gubernur dan dinas terkait akan meninjau Pasar Angso Duo, Kamis (17/9).

Bedasarkan pantauan infojambi.com sebelumnya, harga per kilo untuk cabe merah keriting dipasar angso duo Rp 30.000. Sedangkan harga cabe merah biasa menembus angka Rp 28.000 per kilo-nya. Padahal sehari sebelumnya, kedua komoditi itu masing-masing Rp 26.000 dan Rp 24.000 per kilo. Harga cabe tersebut relatif sama di dua pasar lainnya, pasar talang banjar dan pasar keluarga.

Jika dibandingkan dengan hasil rekapitulasi harga pada bulan agustus lalu, ditanggal yang sama harga cabe keriting hanya Rp 12.000 / kg dan cabe biasa Rp 10.000 / kg. Ini menandakan ketidak-stabilan harga terutama menghadapi ramadhan dan idul fitri. Dan kenaikan harga menjelang lebaran masih bisa terjadi. (infojambi.com/TOT)

0 Komentar:

Posting Komentar

ya

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda