Catatan Karya Tulis....................

01 Agustus 2009

mandala Airlines Terapkan Fixed Operational Fundamental


KOTAJAMBI – Mandala Airlines terapkan enam dasar operasional untuk menjamin kenyamanan penerbangan bagi penumpangnya. Hal ini disampaikan Head of Corporate Communication Mandala Airlines, Trisia Megawati usai konferensi pers di restoran Holala Kota Jambi, Kamis (30/7).

Menurut dia, ada enam dasar operasional yang diterapkan maskapainya guna menjamin kenyamanan penerbangan bagi penumpangnya. Enam dasar dimaksud adalah safe (keselamatan), on time (tepat waktu), bags (bagasi), costumer friendly (ramah terhadap pelanggan), new aircraft (pesawat baru) dan new brand (image baru).

Dijelaskannya, pihaknya mengutamakan keselamatan penerbangan bagi penumpang dan kru. Apapun persoalan yang terjadi pada saat hendak terbang, pihaknya, sesuai aturan UU No. 1 tahun 2009 tentang Penerbangan serta Keputusan Menteri Perhubungan No. 25 tahun 2008 tentang penyelenggaraan angkutan udara, terlebih dahulu mengecek laik tidaknya pesawat untuk terbang.

Begitu juga soal tepat waktu. Ia yakin, selama tidak ada gangguan cuaca atau situasi darurat, dll, Mandala akan terbang sesuai jadwal. Selain itu, bagasi penumpang akan diatur sedemikian rupa dan dikerjakan oleh pihak ketiga secara profesional sehingga pelanggan merasa nyaman dan tidak repot ketika melakukan chek in di bandara. Tak kalah pentingnya, keramahan akan ia suguhkan kepada pelanggan tanpa pandang bulu.

Apalagi saat ini Mandala sudah mengkandangkan semua pesawat boeing 737 – 300 dan 737 – 400 dan mengganti dengan 11 pesawat barunya jenis Airbus 319 dan 320. bahkan kedepan ia mengatakan, mandala akan menambah armada sebanyak 35 pesawat airbus. Ini menjadi semangat baru bagi Mandala dalam melayani masyarakat pengguna jasa penerbangan khususnya di Jambi.

Itu belum ditambah dengan dua program layanan ultra flexy dan ultra saver yang ditawarkan mandala kepada konsumennya. Lewat dua program itu, harga tiket relatif murah dengan layanan yang prima.

“Dengan imej baru, pesawat baru, ramah terhadap pelanggan, sistem bagasi yang profesional, on time, dan mengutamakan keselamatan serta harga yang kompetitif, ia yakin, Mandala semakin diterima oleh pengguna jasa penerbangan khususnya masyarakat Jambi,” pungkasnya.

Menurut dia, selain itu, pihaknya juga menawarkan dua program layanan ultra flexy dan ultra saver. Pada layanan ultra flexy, harga tiket relatif lebih mahal namun penumpang bebas menentukan kapan saja waktu penerbanganya, bahkan ketika terjadi pembatalan tidak dikenakan potongan. Soal bagasi, snack dll sudah termasuk dalam layanan ini.

Hal itu tidak berlaku bagi ultra saver. Pada layanan ini, tiket relatif murah. Akan tetapi penumpang hanya dapat membawa satu bagasi. Jika lebih akan dikenakan biaya tambahan.

Kedua program ini sama–sama menjamin kemananan penerbangan dan fasilitas yang sama, kecuali soal harga tiket dan masa berlakunya serta snack. Jika ultra flexy masa berlakunya tiket ketika terjadi pengunduran jadwal terbang oleh pelanggan, maka dapat digunakan pada penerbangan berikutnya. Sementara ultra saver tiket hanya digunakan pada jadwal yang tertera pada tiket. (infojambi.com/TOT)

0 Komentar:

Posting Komentar

ya

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda