Catatan Karya Tulis....................

17 Agustus 2009

Beragam Apresiasi Meriahkan HUT RI ke 64 di Kota Jambi


KOTA JAMBI – Banyak cara orang mengapresiasikan suka citanya merayakan HUT kemerdekaan RI ke 64 hari ini. Dari mulai upacara bendera, makan kerupuk, lomba karung, panjat pinang hingga konvoi kendaraan. Semua bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan dan memberi pesan semangat kemerdekaan dan patriotisme.

Di lapangan kantor Gubernur Jambi, Senin (17/8) pagi seluruh pejabat, polri, TNI, PNS, pelajar tumpah ruah. Mereka dengan hikmatnya mengikuti jalannya upacara pengibaran bendera yang dilakukan 54 pasukan paskibraka. Bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin dan pembacaan naskah proklamasi Ketua DPRD Propinsi Jambi Zoerman Manap.

Siangnya, di Kelurahan Lebak Bandung, bocah – bocah lugu tampak asik berkompetisi makan kerupuk. Sangking semangatnya, tali pengikat kerupuk sampai putus dan panitia pun terpaksa mengulang perlombaan itu. Tampak sumringah raut muka Aling (10) – anak warga keturunan – kala dinobatkan sebagai pemenang.

“Kami senang sekali pak dapat buku dan pensil dihari kemerdekaan ini,” tutur Aling malu-malu.

Menurut Ketua Pemuda Lebak Bandung, Lukman, pihaknya sengaja menggelar event rutin itu dengan maksud memeriahkan HUT RI ke 64. Disamping itu, ingin menyampaikan pesan kepada warga dan generasi muda diwilayahnya untuk senantiasa menghargai perjuangan para pahlawan.

“Lewat kegiatan ini, kita coba mengingatkan kepada meraka betapa besarnya perjuangan para pahlawan. Mereka kompak, besatu dan saling bekerjasama dalam memerdekakan republik ini, sikap ini yang patut kita contoh,” kata Lukman.

Pesan yang sama juga ingin disampaikan Komunitas Skuter Jambi. Lewat aksi konvoi sekitar 60 vespa antik, mereka mendatangai berbagai lokasi sejarah seperti Museum Perjuangan Rakyat Jambi -patung Sultan Thaha Syaifudin di lapangan gubernur – monument Tugu Juang – makam pahlawan Satria Bhakti.

Dibawah patung Sultan Thaha dan makam pahlawan, perwakilan mereka, Yosep Ariandi membacakan teks proklamasi layaknya Bung Karno dan sempat berorasai. Dalam orasinya mengatakan lewat aksi itu. Ia berharap dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

“Semoga lewat aksi kecil ini dapat menumbuhkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme yang sudah luntur saat ini, Merdeka !!!,” kata Yosep yang disambut kata – kata merdeka oleh rekan-rekannya.

Rombongan skuter antik itu kemudian melanjutkan perjalanan menuju eks arena MTQ dan perjalanan mereka berakhir di rumah dinas gubernur. Aksi itu mendapat perhatian dari masyarakat yang ada dilokasi. Namun kegiatan itu berjalan dengan tertib dan sehingga tidak mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. (infojambi.com/TOT)

0 Komentar:

Posting Komentar

ya

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda