Catatan Karya Tulis....................

27 Juli 2009

Manfaat Restorasi Ekosistem


JAMBI - Restorasi ekosistem di kawasan hutan produksi yang dilakukan yayasan Harapan Rainforest di atas lahan seluas 49.145 ha mencakup sebagian Kabupaten Sarolangun dan Batanghari saat ini diyakini dapat memberikan manfaat ekonomi hutan dan sosial ekonomi serta ekologi bagi masyarakat, khususnya warga disekitar hutan. Hal ini disampaikan Direktur Unit Pengelola Harapan Rainforest, Yusup Cahyadin di Sekretariat Warsi, Telanaipura Kota Jambi, Selasa (21/7).

”Karena lahan restorasi ekosistem itu adalah hutan industri, tentu potensi kayu dan kekayaan hayati pilihan nilai ekonomisnya akan kita dorong. Dengan demikian baik pengelola maupun masyarakat sekitar akan mendapatkan manfaat dari kegiatan restorasi itu,” kata Yusuf.

Menurut dia, kegiatan restorasi ekosistem yang hendak dilakukannya diatas lahan hutan produksi itu diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat terutama yang disekitar lokasi baik dari sisi ekonomi hutan, sosial ekonomi serta ekologi

Manfaat ekonomi hutan menurut dia terdiri dari pendapatan hasil hutan non kayu diperkirakan sebesar 10 milyar, pemanfaatan jasa lingkungan 47,6 milyar yang mencakup segi ekowisata 3,7 m, pusat pendidikan, pelatihan dan penelitian 30,6 m. Hal itu belum lagi ditambah jasa karbon dan jasa tata air.

Dari segi manfaat ekonomi sosial, kegiatan restorasi itu dapat meningkatkan perbaikan sarana dan prasarana umum masyarakat, pemanfaatan hutan secara lestari, peningkatan transaksi ekonomi lokal yang diperkirakan 2,2 m dengan manfaat ekonomi secara total mencapai (NVP) 7,7 m.

Kemudian sisi ekologinya, keuntungan yang bakal didapat antara lain adanya perbaikan struktur dan komposisi vegetasi hutan alam, peningkatan keanekaragaman hayati, perbaikan habitat fauna pilihan, pemulihan fungsi ekosistem hutan dan ketahanan ekosistem yang utuh. (infojambi.com/TOT)

0 Komentar:

Posting Komentar

ya

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda