Catatan Karya Tulis....................

10 September 2009

Panwaslu Minta Disamakan Dengan KPU


KOTAJAMBI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Banwaslu) meminta pemerintah pusat mempermanenkan seluruh lembaga Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) yang ada di Indonesia, termasuk panwaslu di Propinsi Jambi. banwaslu ingin status panwaslu disamakan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik masa kerja maupun fungsinya.

Ketua Panwaslu Propinsi Jambi, Solahuddin SPt MSi mengakui adanya keinginan banwaslu tersebut. Banwaslu ingin masa kerja dan fungsi panwaslu disamakan dengan KPU, termasuk ikut berperan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada). "Banwaslu dan KPU Pusat saat ini sedang mengkaji masalah panwaslu yang akan dipermanenkan,” kata Solahuddin, Kamis (3/9).

Solahuddin mengungkapkan, jika panwaslu dipermanenkan maka masa kerjanya akan panjang seperti KPU. Tugas panwaslu juga tidak terbatas pada kegiatan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) saja, tapi juga ikut berperan dalam pilkada. "Dengan begitu panitia pilkada tidak lagi disibukan dengan penjaringan calon panwas setiap akan menggelar pilkada," ungkapnya.

Terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2010, Solahuddin sudah berkoordinasi dengan banwaslu soal minimnya dana dan tekhnis penjaringan calon panwas pilgub. "Tekhnis penerimaan calon panwas pilgub prosesnya langsung ditangani banwaslu. Mungkin tidak lewat KPU lagi. Soal minimnya dana, belum ada jalan keluar,” ujarnya. (infojambi.com/TOT)

0 Komentar:

Posting Komentar

ya

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda