Catatan Karya Tulis....................

10 September 2009

Harga Nanas di Kota Jambi Naik Tajam


KOTAJAMBI – Harga nanas di sejumlah pasar tradisional di Kota Jambi naik tajam selama bulan Ramadhan, mencapai Rp.5 ribu per tiga buah. Itupun buahnya kecil-kecil. Nanas ukuran sedang bisa mencapai Rp.10 ribu per buah. Sementara harga nanas ditingkat petani justeru relatif murah. Paling tinggi harga jual petani cuma Rp.1.500,- per buah.

Pantauan infojambi.com di Pasar Tradisional Angso Duo, saat ini harga nanas berukuran kecil dijual Rp.5 ribu per tiga biji. Sedangkan harga nanas ukuran sedang bisa mencapai Rp.10 ribu per buah. Namun, rata-rata harga nanas di pasar itu berkisar Rp.2.500,- hingga Rp.3.500,- per buah. Hal yang sama juga ditemui di Pasar Baru Talang Banjar. Padahal, sebelum puasa harga nanas di kedua pasar itu hanya berkisar Rp.1.500,- hingga Rp.2.000,- per buah.

Harga nanas di pasaran dinilai tidak sepadan dengan harga ditingkat petani. itu jauh lebih mahal dibanding harga di tingkat petani. Menurut seorang petani nanas di Desa Tangkit Kecamatan Sungai Gelam, Muaro Jambi, sebelum puasa petani melepas buah nanasnya dengan harga Rp.800,- hingga Rp.1.000,- per buah.

Pada bulan puasa petani di daerah penghasil nanas terbesar di Propinsi Jambi itu tidak terlalu tinggi menaikan harga, berkisar Rp.1.000,- hingga Rp.1.500,- per buah. (infojambi.com/TOT)

0 Komentar:

Posting Komentar

ya

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda