Catatan Karya Tulis....................

10 September 2009

Nuzullul Qur'an Malam Penuh Berkah


KOTAJAMBI – Terjadinya malam Nuzullul Qur’an, Juma’at 17 Ramadhan di Gua Hira tahun ke-41 diperingati di Mesjid Al-Falah Kota Jambi, Minggu malam (6/9). Peringatan dihadiri Gubernur Jambi, H Zulkifli Nurdin dan isteri, Ratu Munawarah, yang diisi ceramah agama oleh KH Adnan Idris, pengurus Ponpes Hidayatul Tolibin, Cilandak Jakarta. Turut hadir seluruh muspida dan kepala dinas di Propinsi Jambi dan masyarakat.

Menurut gubernur, peristiwa itu merupakan malam penuh makna. Peristiwa turunnya Al-Qur’an merupakan malam bersejarah, karena malam itu turun ayat Al-Qur’an yang pertama kali, yakni Surah Al-Alaq kepada Nabi Muhammad SAW pada Jum’at 17 Ramadhan Tahun ke 41.

”Peristiwa turunnya Al-Qur’an merupakan malam penuh berkah. Kita pun ingin diberikan hidayah oleh allah SWT,” kata Zulkifli Nurdin usai peringatan Nuzulul Qur’an di Mesjid Al-Falah. Menurutnya, turunnya Al-Qur’an mengantarkan umat muslim kearah pencerahan. Al-Qur’an mengajaran kepada umat untuk senantiasa belajar, membaca, memahami, teliti dan mengamalkan kebenaran dalam kehidupan sehari-hari.

Gubernur meyakini kandungan Al-Qur'an memberi pencerahan dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat Jambi. Apalagi amalan itu dilakukan dalam bulan Ramadhan. ”Amalan ini mesti kita tingkatkan dan saya yakin umat muslim di Jambi tengah berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah. Apalagi dalam bulan Ramadhan,” katanya.

Peristiwa Nuzullul Qur'an terkandung dalam Surah Al-Baqarah ayat 185, yang menyebutkan Ramadhan yang padanya diturunkan Al-Qur'an, menjadi petunjuk bagi sekalian manusia, dan menjadi keterangan yang menjelaskan petunjuk dan perbedaan antara yang benar dan salah.

Dalam Surah Al-Qadr ayat 1 – 5, disebutkan, "Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”. (infojambi.com/TOT)

0 Komentar:

Posting Komentar

ya

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda